Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berkarya di AKSI SPENSAKA


  
 

Adiwiyata SPENSAKA

Oleh Natasya

 

Apakah kalian tahu apa arti dari sekolah Adiwiyata?? 

Arti dari sekolah Adiwiyata adalah sekolah bersih, sejuk, nyaman, serta peduli terhadap lingkungan. Adiwiya memiliki arti "Tempat yang baik dan ideal" berarti tempat ini bisa digunakan untuk memperoleh pengetahuan baru yang dapat digunakan untuk pembangunan lingkungan bersih serta dapat menumbuhkan ke-akraban antara satu sama lain. SPENSAKA mengadakan kegiatan lomba kebersihan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kelangsungan Sekolah Adiwiyata. Kegiatan dilaksanakan mulai hari jum'at, 10 Maret - Sabtu,  11 Maret 2023. Selama kegiatan berlangsung wali Kelas mendampingi para siswa, keterlibatan ini lah yang menjadikan kunci utama yang mampu menciptakan kreativitas, motivasi, serta mempererat hubungan antara peserta didik secara maksimal.

 

Kegiatan yang dilakukan meliputi pembersihan ruang dan lingkungan sekitar kelas, menghias ruang dan lingkungan kelas, serta memberikan sentuhan ornamen sesuai dengan tema kebersihan dan lingkungan hidup namun tidak diperkenankan merusak, mencoret, atau melukis dinding kelas. Dalam prosesnya, kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun yang dirasakan. Kreativitas para siswa juga ikut di uji karena saat lomba, sekolah memberikan tugas untuk mendaur ulang barang bekas, dengan cara ini para siswa dapat belajar untuk mengurangi penggunaan sampah.

Kalian kepo ga sihh sama keseruan yang ada saat kegiatan berlangsung??  yuk kita intip..

Kelas  7i 
Memanfaatkan galon untuk dijadikan pot bunga, setelah dijadikan pot bunga mereka juga menghiasnya
 
2.Kelas 9D
Memanfaatkan ember untuk menjadi pot bunga, sebelum diberikan media tanam mereka menghiasnya dengan cara digambar
 
3.Kelas 8i
Membersihkan taman samping

4.kelas 7h
Menghias ember cat untuk di jadikan pot
 
5.kelas 9i
Menghias kelas dengan menggunakan barang bekas

Pada akhir kegiatan, kelas yang sudah tertata rapi diberikan penilaian oleh dewan juri, adapun hasilnya yang diumumkan pada upacara bendera, hari Senin, 23 Maret 2023 dengan hasil sebagai berikut :

  Kelas 8I, sebagai juara pertama


 Kelas 9G, sebagai juara kedua
 
 Kelas 9I, sebagai juara ketiga

Adapun selain juara tersebut di atas, beberapa kelas yaitu kelas 9E, 9F, 9H, masuk dalam daftar nominasi kelas terbaik meskipun tidak masuk pada urutan juara secara umum. Pengumuman nominasi serta juara ditutup dengan penyerahan piala kejuaraan yang disampaikan langsung oleh Bapak WAGITO S.Pd.selaku Kepala SMP N 1 Kalimanah. 


 
PROFIL SMP NEGERI 1 KALIMANAH
 
Oleh: Hasna dan Kahla

 
Assalamu'alaikum wr.wb,

Halo semua! gimana kabarnya?semoga baik-baik aja ya... Kali ini kita akan membahas tentang sekolahku yaitu SMP N 1 Kalimanah. Sebelum mulai... kalian tahu ga sih kalau SMP ini ada di Jalan Raya Mayjen Sungkono, Selabaya tepat nya berada di sebelah Kantor Kecamatan Kalimanah dan dekat dengan RSI At-Tin Husada. strategis sekali bukan? sekolah ini berada di pinggir jalan sehingga memudahkan semua orang untuk menemukan sekolah ini.

 

Nah ayo kita mulai dari fasilitas yang terdepan dulu yaitu masjid. Masjid Baitussalam adalah masjid yang di gunakan untuk seluruh warga sekolah SMP n 1 kalimanah dan juga terbuka untuk umum. Masjid ini tidak hanya di gunakan untuk beribadah, terkadang juga di gunakan untuk acara acara yang berhubungan dengan agama. Contoh nya kemarin saat Nuzulul Qur'an.


Fasilitas selanjutnya yang akan dibahas adalah taman. Taman ini terletak di depan masjid, di taman ini terdapat pepohonan, dekorasi bunga, dan bahkan terdapat kolam. Sayang kolam yang berada di taman itu sudah tidak lagi digunakan tetapi para siswa dan siswi tetap suka berada di sana, entah untuk melepas penat, menikmati suasana, mengerjakan tugas dan lain-lain.

 

Kalau kita geser ke sebelah akan ada parkiran sepeda. Biasanya para siswa dan siswi yang berangkat menggunakan sepeda akan memarkirkan sepedanya di tempat ini, yang pasti akan ada orang yang akan membantu menata sepeda saat bel berbunyi. Jika jam pulang sekolah tiba mereka akan mengambil sepeda mereka di tempat parkir ini, dan saat hendak mengambil sepeda tetapi terparkir di dalam biasanya pemilik sepeda yang terparkir di dalam akan menekan sepeda yang menutupi sepedanya.

 

Berhubung yang bagian depan kan udah nih. Kalian ingin tahu tidak ada apa aja di bagian dalam? Kalau kita masuk melewati gerbang samping, kita akan di sambut dengan lapangan yang luas dan juga pasti nya pepohonan yang membuat sekolah kami ini terasa sangat sejuk.

Di SMP N 1 Kalimanah ini terdapat kurang lebih 27 kelas yang tersedia untuk pada murid belajar, yang pasti nya kelas ini sangat nyaman digunakan untuk belajar. Selain ruang kelas ada juga ruang ruang lain nya contoh nya seperti:

 1. Ruang Kepala Sekolah
 2. Ruang guru
 3. Ruang tata usaha
 4. Ruang UKS
 5. Ruang laboratorium IPA
 6. Ruang komputer
 7. Ruang keterampilan
 8. Ruang Lab. Bahasa
 9. Dapur
10. WC/Kamar mandi siswa
11. WC/Kamar mandi guru
12. Ruang multimedia
13. Perpustakaan


 Kayaknya ada yang ketinggalan nih...

 Oh ya! Kantin! Tempat para murid untuk dapat membeli jajanan yang di sediakan oleh para warung, di kantin terdapat tempat duduk dan meja yang dapat di gunakan untuk mengabiskan jajanan yang telah mereka beli atau hanya sekedar duduk duduk sahaja. 

Akah kalian tahu bahwa selain sekolah ini banyak banget fasilitasnya, di sekolah ini juga banyak pohon dan tanaman tanaman yang buat sekolah ini sejuk banget sampai sampai sekolah ini mendapatkan gelar sekolah adiwiyata. Woww keren banget kan ...

Sebelum mengakhiri penjelasan ini ada pantun nihh..
Ada udang di balik batu
Cukup sekian dan sampai sini dulu

Buah belimbing rasa nya masam
Cukup sekian dan wassalam.

 
     
 



         


















Posting Komentar untuk "Berkarya di AKSI SPENSAKA"