Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ARTIKEL







KEGIATAN-KEGIATAN YANG HANYA 
DAPAT DILAKUKAN DI BULAN RAMADHAN
Oleh: Tsabit Afiq Mu"tashim

      Bulan ramadhan ini adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Bagaimana tidak, bulan ramadhan hanya datang satu tahun sekali dan kita tidak akan pernah tahu apakah kita dapat bertemu bulan ini kembali di tahun yang akan datang.

      Di bulan ramadhan ini, banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat kita lakukan. Berikut ialah kegiatan-kegiatan yang hanya dapat ditemui di bulan ramadhan:




  1. Berbuka Puasa Bersama


          https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6667675/anjuran-berbuka-puasa-dengan-yang-manis-begini-caranya-biar-tetap-sehat/amp



         Buka puasa bersama menjadi kegiatan yang seakan tak boleh ketinggalan. Agenda ini menjadi ajang silaturahmi dan reuni dengan anggota keluarga, teman sekolah atau universitas, maupun rekan kerja. Lokasi buka puasa bersama seringnya diadakan di restoran maupun di rumah.

      Selain mengikat tali silaturahmi, orang yang menyiapkan hidangan buka puasa untuk orang lain juga akan mendapat pahala.  Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memberi makan orang berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Tirmidzi).




  1. Ngabuburit


             https://www.tokopedia.com/blog/asal-usul-dan-arti-ngabuburit/amp/?utm_source=google&utm_medium=organic


         Ritual menunggu waktu jelang berbuka puasa atau yang disebut ngabuburit telah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Umumnya, orang mengisi waktu senggang ini dengan ragam kegiatan. Contohnya berjalan-jalan keluar rumah sembari membeli takjil untuk berbuka atau menunggu di masjid sambil berzikir.




  1. Bagi-Bagi Takjil


             https://muqlangsa.id/santri-muq-langsa-bagi-bagi-takjil-berbuka-puasa/


     Mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat wajib hukumnya. Salah satu yang bisa dikerjakan ialah berbagi takjil kepada mereka yang membutuhkan.

     Keutamaan berbagi takjil sesuai dengan hadis Rasulullah SAW, “Maka barangsiapa memberi makanan pada 36 orang yang berpuasa setiap tahun, maka seakan-akan ia puasa satu tahun (karena kebaikan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali). Dan barang siapa memperbanyak memberi takjil atau makan dan minum orang-orang yang berpuasa atas dasar niat ini, Allah mencatat baginya puasa berabad-abad dan bertahun-tahun”.




  1. Membangunkan Sahur


                

https://jatengprov.go.id/beritaopd/kreatifnya-remaja-di-pekalongan-bangunkan-warga-untuk-sahur/


           Membangunkan sahur menjadi tradisi khas yang lazimnya dilakukan oleh anak-anak hingga remaja laki-laki. Demi membangunkan warga untuk makan sahur agar tak terlewat, mereka menggunakan peralatan yang ada seperti alat masak, gendang, maupun galon plastik, tentunya diikuti dengan suara yang lantang “Sahuuurr… Sahuuurrr…”. 




  1. I’tikaf di Masjid


 

https://muslimvillage.com/2013/07/27/41757/itikaf-the-spiritual-retreat/


          I’tikaf di masjid pun termasuk kegiatan Ramadhan yang penuh manfaat dan kebaikan. Memperbanyak i'tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan sangat dianjurkan, seperti riwayat Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah meninggalkan i'tikaf di tanggal-tanggal tersebut. Menurut beberapa ulama, malam Lailatul Qadar akan turun di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan.




  1. Pesantren Kilat


 

https://umma.id/post/3-hal-yang-wajib-diajarkan-saat-pesantren-kilat-900518?lang=


         Kegiatan Ramadhan pesantren kilat rutin dilakukan sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Aktivitas ini bertujuan memberi ruang untuk anak-anak hingga remaja agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat.

         Mengikuti pesantren kilat akan membuat anak mampu menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter, hingga mengindarkan dari hal-hal kurang bermanfaat seperti bermain gadget atau menonton televisi.




          7.Takbiran


 

https://news.detik.com/berita/d-4678880/muharram-festival-ribuan-milenial-bakal-pawai-obor-di-bunderan-hi


      Setelah berpuasa 30 hari lamanya, kegiatan Ramadhan selanjutnya yang ditunggu-tunggu yakni takbiran. Takbiran lazimnya diwarnai dengan berkumpul di masjid dan bersama-sama mengucap kalimat takbir yang terdengar ke seluruh kampung lewat pengeras suara. Sementara beberapa orang mengisinya dengan berkeliling kampung membawa beduk.





TIPS ANTI LEMAS SELAMA BERPUASA


Tahukah kamu? Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan dan penuh berkah. Bulan di mana kita harus mampu mengontrol hawa nafsu kita. diantaranya adalah nafsu yang berupa rasa lapar dan juga haus. Bulan Ramadan juga disebut dengan bulan sabar. Umat Islam diuji keimanan dan ketakwaannya. Merasa lemas memang hal yang biasa saat berpuasa. Namun, bukan berarti kita harus lemas sepanjang beraktivitas. Jangan biarkan rasa lemas saat menjalankan ibadah puasa bisa menurunkan semangat dalam beraktivitas. Pengen tau gimana cara menghindari lemas saat puasa? Mari kita bahas Tips Anti Lemas Selama Berpuasa berikut ini!

1. Sahur Jelang Imsak
Sahur dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya kita makan sahur mendekati waktu imsak, tips ini membantu kalian saat menahan rasa lapar karena dapat mempersingkat waktu berpuasa. Tips ini juga dapat membuat cadangan energi di dalam tubuh kita lebih lama tersimpan.

2. Tidur Siang Minimal 30 Menit
Ketika rasa mengantuk datang pada siang hari saat berpuasa, kita bisa tidur di siang hari, loh. Kegiatan tidur siang juga lebih baik dilakukan pada saat berpuasa karena dapat mengurangi kegiatan yang mengurangi pahala. Namun, tidur siang dengan waktu yang terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Hindari Teh dan Kopi
Teh dan kopi merupakan minuman yang mengandung kafein yang mencegah rasa ngantuk. jika kita meminum teh dan kopi, cairan dalam tubuh mudah untuk keluar sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi cepat lemas. Jadi, lebih dianjurkan untuk meminum air putih yang akan menjaga tubuh agar tetap berenergi.

3. Konsumsi Sayur dan Buah
Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi, serat dan merupakan sumber vitamin. Tidak heran jika sayur dan buah menjadi tips ampuh untuk menahan lapar saat menjalankan ibadah puasa. Karena selain membuat kenyang lebih lama, sayur dan buah juga memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain menjaga kesehatan sistem pencernaan, sumber cairan tubuh dan memelihara sistem imunitas tubuh.

5. Olahraga Ringan
Ada banyak cara untuk tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Salah satunya dengan cara berolahraga ringan saat berpuasa. Olahraga saat berpuasa akan menjaga kesehatan otak, saraf, dan serat otot. Pentingnya berolahraga saat puasa adalah proses pembakaran lemak yang lebih cepat karena tidak ada karbohidrat, mendorong fleksibilitas dan mengendalikan berat badan. Waktu yang dianjurkan adalah sebelum sahur, setelah berbuka, sebelum tarawih atau satu jam sebelum berbuka puasa. Jenis olahraga yang disarankan antara lain bersepeda, jalan cepat atau jogging lambat. Meski berolahraga, disarankan untuk tetap imbangi nutrisi serta minum yang cukup saat sahur dan berbuka.

Posting Komentar untuk "ARTIKEL"