Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resensi


 Resensi Film Bilal A New Breed Of Heroes



Sumber gambar: https://www.medcom.id/amp/eN4OVROK-film-animasi-bilal-a-new-breed-of-hero-akan-tayang-di-indonesia

 

Identitas Film

 

Judul : Bilal A New Breed Of Heroes

Penulis naskah : Ayman Jamal

Produser : Ayman Jamal

       .          Arif Jilani

Sutradara: Khurram H. Alavi

           .      Ayman Jamal

Pengisi suara : Adewale Akinnuoye - Agbaje (Bilal)

                         Ian Mc Shane (Ummaya)

                         China Anne McClaine (Ghufaira)

                         Jacob Latimore (Bilal kecil)

                         Thomas Ian Nicholas (Saad)

                         Fred Tatasciore (Charlatan Priest)

                         Michael Gross (Okba                     

Tayang perdana :9 Desember 2015

Produksi : Barajoun Entertainment

  

    Bilal:A New Breed Of Heroes adalah film animasi produksi Barajoun Entertainment yang dirilis pada 9 Desember 2015 di International Dubai Film Festival. Mengisahkan tentang sahabat nabi yang bernama Bilal bin Rabah, seorang budak yang memperjuangkan hak-hak kemanusian untuk kebebasan umat manusia. Beliau adalah muadzin pertama dalam sejarah Islam.

 

Sinopsis

 

    Dikisahkan Bilal yang saat itu masih kecil hidup bahagia dengan Ghufaira (adik perempuannya) dan ibunya. Tetapi kebahagian itu hancur ketika pasukan Bizantium menyerang mereka, Ibu Bilal dibunuh di depan matanya dengan sangat keji kemudian Bilal dan Ghufaira dibawa untuk dijadikan budak. Bilal dan Ghufaira kemudian dijual kepada Umayya, pemimpin Mekah kafir yang menyembah berhala.

 

    Kemudian alur berpindah ke Bilal yang sudah yang sudah beranjak dewasa. Ia mengamati penduduk Mekah yang menyembah berhala dengan seorang imam yang selalu mengenakan topeng dan menjanjikan doa penduduk mekah akan terkabul jika menyembah berhala tersebut. Padahal imam tersebut hanya mengeruk harta para penduduk Mekah. Ghufaira yang saat itu sedang diganggu oleh Shafwan, putra Ummaya, Ditolong oleh Bilal dengan bertarung dengan Shafwan. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh Bilal yang berhasil menjatuhkan Shafwan.

 

     Pedagang berhala yang saat itu melihat kejadian tersebut melaporkannya kepada Ummaya. Ummaya yang mendengar itu langsung memberi hukuman cambuk kepada Bilal dan memarahi Shafwan yang sudah membuat malu Ummaya. Bilal berteman dengan Saad si pemanah yang handal dan Suhaib, si pandai besi. Bilal juga berteman dengan kuda putih milik Ummaya.

 

      Suatu hari ada seorang anak kecil yang sedang kelaparan dan meminta-minta uang kepada penduduk Mekah, akan tetapi tidak ada yang memberikannya uang dan lebih memilih uang tersebut diberikan sebagai persembahan kepada berhala. Anak yang sudah sangat merasa lapar tersebut kemudian berniat mencuri uang yang dijadikan persembahan. Bilal yang mengetahui hal tersebut kemudian menghentikan aksinya dan memberi anak itu makananan.

 

       Abu Bakar Shidiq yang sedang berdagang melihat hal tersebut dan memuji aksi Bilal yang lebih memilih memberikan anak itu makan daripada memberikan uang sebagai persembahan. Kemudian Abu Bakar berbicara tentang kesetaraan hak manusia. Tapi Bilal tidak percaya dengan yang namanya kesetaraan, sekali budak akan tetap budak dan itu tidak mengubah apapun. Kemudian ia pergi meninggalkan Abu Bakar.

 

       Saat sahabat Bilal, Suhaib sedang mengambil air dari sumur, ia didatangi oleh prajurit Ummaya, mereka kemudian mencambuk orang yang mengambil air dari sumur karena menganggap Suhaib dan lainnya sudah masuk Islam. Bilal dan Saad yang mengetahui hal tersebut, berusaha menghentikan prajurit Ummaya tapi mereka dihalangi. Kemudian datang seseorang yang menunggang kuda dan menantang semua prajurit yang tadi mencambuk. Ternyata ia adalah Hamza, sang singa Allah, Abu Bakar yang mengetahui hal tersebut kemudian menghentikan Hamza.

 

         Karena kejadian itu Bilal semakin yakin bahwa berhala yang disembah oleh orang kafir Mekah bukanlah Tuhan. Kemudian ia menemui Abu Bakar yang sedang ada di bukit dan mulai mempelajari tentang Islam. Pengawal Shafwan yang mengetahui hal tersebut kemudian melaporkannya kepada Shafwan. Shafwan mengatakan kepada Ummaya bahwa Bilal sudah masuk Islam. Ummaya yang mengetahui hal itu menghukum Bilal di ruang bawah tanah dengan cara dicambuk dan dipukuli. Akan tetapi Bilal teguh dengan hatinya dan lebih memilih Islam walau ditawari 2 ekor kuda dan rumah.Ummaya yang sudah sangat marah kemudian menghukum Bilal lebih berat dengan menempatkan batu ke atas tubuh Bilal dalam keadaan terikat. Abu Bakar yang tidak tega melihat itu langsung menawar Bilal dengan harga yang sangat mahal. Kemudian Ummaya setuju. Abu Bakar juga meminta akan membeli orang yang berhubungan dengan Bilal. Ummaya menyetujuinya tapi tidak untuk Ghufaira.

 

Kelebihan

 

        Film ini disajikan dengan sangat bagus. Apalagi untuk urusan grafiknya sangat hd, dengan penyajian karakter yang 3d. Aku sangat suka dengan film yang memiliki grafik 3d. Selain grafiknya penyajian karakter-karakternya juga terlihat sangat detail. Contohnya saat Bilal sedang menunggang kuda, rambut kuda tersebut melambai lambai karena terkena angin. Penyajian ceritanya juga sudah bagus dan epik, apalagi saat adegan perang Badar, dimana pasukan muslim melawan kaum kafir Mekah beeuhhh sangat keren. Dengan film ini kita juga bisa lebih belajar tentang sejarah sejarah islam.

 

Kekurangan

 

        Menurutku film ini tidak ada kekurangannya, hanya saja film ini tidak bisa ditonton oleh semua kalangan apalagi untuk anak yang masih kecil karena di film ini banyak adegan pertarungan dan penyiksaan.Tapi overall film ini sudah bagus. Kalau minta memberi nilai 1 sampai 10 aku beri nilai 10.

 




Menjadi Perempuan Keren Ala Buku The Alpha Girls Guide


 

Judul buku.   : The Alpha Girls Guide 

Pengarang.   : Henry Manampiring

Penerbit.       : Gagasmedia

Halaman.      : xvi + 260

Tempat terbit : Jakarta

Tahun terbit   : 2020

Harga buku.  : Rp 77.000

 

Buku The Alpha Girls Guide memiliki cover yang didasari warna pink dengan gambar animasi para perempuan dalam huruf-hurufnya yang menambahkan aksen girls. Buku The Alpha Girls Guide mengajarkan kita cara agar kita menjadi wanita smart, independen, dan anti galau dalam berbagai situasi. Misalnya dalam lingkungan pertemanan, pendidikan, percintaan, penampilan, dan dalam pekerjaan. Penulis buku The Alpha Girls Guide ialah Henry Manampirin yang umum dikenal om piring. Penulis yang lahir pada 17 Agustus ini telah menerbitkan beberapa buku diantaranya adalah Cinta Tidak Harus Mati, 7 Kebiasaan Orang Nyebelin Banget, The Alpha Girls Guide, dan Filosofi Teras. 

Apa itu alpha female? Alpha’ adalah alfabet pertama dalam huruf Yunani, dan karenanya menandakan anggota kelompok teratas. Alpha female berarti perempuan yang memiliki karakter dominan, memimpin, dan independen. Faktor seseorang bisa menjadi alpha female bisa berdasarkan faktor genetis ataupun dilatih. Seorang alpha female  tidak akan lari dari tanggung jawab utamanya. Seperti sebagai pelajar yang tanggung jawab utamanya adalah belajar. Apakah penting pendidikan itu? Penting, karena dalam hidup ini tidak ada yang pasti dalam hidup ini yang membuat kita harus belajar dalam hal apapun agar kita tidak tersesat. Seperti perumpanaan menantikan pangeran berkuda putih untuk menyelamatkan kita, dan seolah-olah semua masalah hidup akan selesai. Perumpamaan itu salah, coba bayangkan bagaimana jika sang pangeran berkuda meninggalkan kita dan pada saat itu kita tidak punya kemampuan apa-apa. Di situlah untungnya berpendidikan tinggi, karena pendidikan merupakan bekal untuk kelak bisa mandiri dalam situasi apapun. Pendidikan yang baik itu memberikan efek domini positif ke banyak aspek kehidupan lain.

Kunon perempuan pintar akan kesulitan menemukan pasangan. Dikarenakan tidak ada lelaki yang mau sama perempuan yang terlalu pintar. Tapi, laki-laki macam mana dulu? Sudah wajar jika laki-laki biasa saja dan tidak berprestasi merasa segan dengan perempuan yang lebih cerdas dengan pendidikan yang baik. Jadi, apakah perempuan pintar dihindari para lelaki? Iya! Yaitu laki-laki bodoh, nggak bermutu, dan minderan. Tetapi bisa saja seorang alpha female justru berada di situasi dikejar banyak laki-laki. Bila alpha female ada di situasi tersebut dan mereka tidak memiliki ketertarikan pada si lelaki maka si alpha female tidak akan memberi PHP lelaki tersebut. Dan alpha female akan membangung hubungan jika ia mau dan merasa telah bertemu orang yang tepat. Seorang alpha female tidak mudah iri hati akan hal-hal yang tampak ‘di luar’. Dan seorang alpha female akan merasa malu dan hina jika dia harus mengambil jalan pintas yang tidak etis untuk sukses. Karena dengan curang artinya sama saja dia mengakui bahwa kemampuannya tidak cukup untuk menghadapi sebuah tantangan. 

Kelebihan buku ini yaitu disajikan dengan bahasa yang ringan dan tidak bertele-tele sehingga membuat pembaca mudah mengerti apa yang ingin penulis sampaikan. Dengan ada nya ilustrasi humor yang sesuai dengan kalimat juga mampu membuat kita tertawa. Ilustrasi itu membuat kita bisa membayangkan secara jelas sebagaimana peristiwa dalam buku. Buku ini juga memberikan pendapat para alpha female di luar sana dengan kolom alpha girls says dan alpha exercise yang membuat kita untuk lebih berpikir dahulu menggunakan logika kita masing-masing setelah membaca beberapa halaman. Buku ini cocok untuk semua kalangan, terlebih untuk para anak muda karena dapat membantu kita dalam mengetahui passion kita agar tidak tersesat di tengah jalan. 

Kekurangan buku ini yaitu pengenalan kita dengan aloha female yang masih lumayan terbatas sehingga para pembaca masih belum mengenal dekat seorang alpha female. Tetapi dengan kekurangan dan kelebihan itu buku ini masih sangat worth it, karena isi buku ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti cara untuk beradaptasi dengan lingkungan, mengenali hal yang seharusnta kita prioritaskan, dan pentingnya soft skill untuk masa depan kita. 


1 komentar untuk "Resensi"

  1. Sangat menarik, menambah wawasan baru , semoga bisa lebih banyak lg menambah info dan berita

    BalasHapus