Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

LIPUTAN

 





TRADISI BANGUNKAN SAHUR DI DESA SELABAYA

Assalamualaikum wr.wb.

         Haloo teman-temanku semua!!! Apa kabar semuanya semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang maha esa. Salah satu tradisi yang masih ada dibulan ramadhan salah satunya adalah membangunkan warga saat waktu sahur tiba.



     Nahh seperti gambar diatas,salah satu desa yang masih mengadakan tradisi tersebut yaitu didesa Selabaya, Dusun Planjan RT03/RW03. Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan oleh sekelompok remaja,Para remaja tersebut biasanya rela begadang dan biasanya tidur di masjid/musholla.

   Sebelum mereka melakukan kegiatan,biasanya mereka juga melakukan sesuatu yang bertujuan untuk menghibur agar tidak bosan saat menunggu waktu sahur tiba dengan bermain game,jalankaki berkeliling desa dll. Kegiatan tersebut kurang lebih dimulai pada pukul dua dini hari,saat tiba waktunya para sekelompok remaja tersebut pun segera menyiapkan peralatan sederhana seperti bekas ember cat,kaleng,kentongan dari bambu dll. Setelah para remaja selesai menyiapkan peralatan dan tiba waktunya untuk sahur kamipun bergegas mengelilingi desa melewati Musholla/Masjid atau rumah-rumah warga warga sekitar dengan berterikak sahurr!!! sahurr!!!



    Setelah selesai mengelilingi desa sekelompok remaja tersebut kembali lagi ke musholla yang didekat desa untuk membangun warga untuk sahur dengan mikrofon masjid.setelah selesai para remaja pun pulang kerumah dan melaksanakan sahur bersama keluarga masing-masing untuk melaksanakan kegiatan puasa Ramadhan.

    Nahh!!!menarikkan teman-teman budaya membangunkan sahur didesa kita?.sampai disini dulu cerita dari kami, Sampai jumpa dilain waktu teman-temanku semua.



KEGIATAN AMALIAH RAMADAN SPENSAKA


    Halo teman-teman semua!! Apa kabar nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya!! Kali ini kita akan meliput beberapa kegiatan Amaliah Ramadan di SMP Negeri 1 Kalimanah. Penasaran sama ceritanya? Stay tuned ya..

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat suci dan sangat ditunggu oleh seluruh umat muslim. Karena, pada bulan ini umat muslim mempunyai kesempatan yang sangat besar supaya dosa-dosanya dihapuskan dan diampuni oleh Allah SWT. Dalam bulan ini, biasanya terdapat banyak lomba-lomba yang diadakan untuk memeriahkan Ramadhan. Seperti lomba tartil, tahfidz, pidato islami, sampai dengan kaligrafi. Itulah lomba yang diadakan di SMP Negeri 1 Kalimanah. Selain lomba-lomba tersebut, SMP Negeri 1 Kalimanah juga mengadakan zakat fitrah yang dipanitiai oleh pengurus osis. Mari kita bahas satu persatu dimulai dari: 


1.Kegiatan Rutin Harian

a.Kultum

    Pada bulan Ramadan , siswa siswi SMP Negeri 1 Kalimanah setiap hari  Selasa , Rabu , Kamis , dan Sabtu mengikuti kegiatan kultum yang di jelaskan oleh bapak ibu guru SMP Negeri 1 Kalimanah.Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa siswi tentang agama , sopan santun , keimanan , dan ketaqwaan.

b.Tadarus                

 Nah,untuk tadarus,siswa siswi SMP Negeri 1 Kalimanah melaksanakannya di

     Nah,untuk tadarus,siswa siswi SMP Negeri 1 Kalimanah melaksanakannya di hari Senin,dan Jumat. Tadarusnya pun bergantian, misalnya hari Senin surah pendek,dan hari Jumatnya surah panjang seperti Yasin,Al - Mulk dsb.


2.Kegiatan Tidak Rutin

a.Peringatan Nuzulul Quran.

    Pada hari Kamis, 6 April 2023 siswa siswi SMP Negeri 1 Kalimanah memperingati Nuzulul Quran.Penceramah mengangkat tema “Hal hal yang membatalkan puasa”. 

b. Lomba lomba.

    Siswa siswi SMP Negeri 1 Kalimanah melaksanakan kegiatan lomba , diantaranya:

   Tartil memiliki arti yaitu suatu aturan dalam membaca Alquran. Maksudnya adalah dalam membaca Alquran kita diwajibkan untuk membacanya dengan perlahan juga dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar. SMP Negeri 1 Kalimanah mengadakan lomba tartil dengan tujuan untuk meningkatkan potensi diri yang ada dalam siswa serta mengajak seluruh warga SMP Negeri 1 Kalimanah untuk mengaji dan menambah pahala bersama-sama. 

Karena,dengan kita ikut mendengarkan serta menghayati bacaannya, secara tidak langsung kita juga ikut mengaji dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Siapa sangkda kalau ternyata di SMP Negeri 1 Kalimanah banyak siswa siswi yang pandai membaca Alquran dengan tartil?? Seluruh siswa bahkan sangat antusias untuk mengikuti lomba ini, namun hanya ada 2 perwakilan saja dari setiap kelas. Rupanya banyak yang cara membaca Alquran dengan tartilnya bagus-bagus. Bahkan, dewan juri sampai bingung untuk menentukan siapakah juaranya! Semua siswa yang ikut tartil ternyata sangat berbakat! Kira-kira apakah kalian tertarik untuk mengikuti lomba ini ditahun depan? Siap-siap yaaa..


2.Lomba Tahfidz

    Tahfidz memiliki makna yaitu proses penghafalan Alquran. Hal ini biasa dilakukan saat bulan Ramadan untuk mencapai sebuah rekor baru dalam penghafalan Alquran. Tak hanya pada saat bulan Ramadhan saja, tapi pada bulan-bulan biasa umat muslim juga melakukan tahfidz.

 

3.Kaligrafi

Lomba kaligrafi terdapat tiga pilihan surat yaitu:

1.Al-Ikhlas

2.Al-Kautsar

3.Al-ashr

    Lomba kaligrafi wajib diikuti seluruh siswa kecuali siswa yang mengikuti lomba Tartil,Tahfidz,dan Pidato.Setiap siswa memilih salah satu dari 3 surat di atas.Lomba ini membuat para juri bingung lohh gengss ,hmm bingung kenapa yaa?? Pastinya ini semua karena hasil yang telah dilakukan para siswa sangatlah bagus, tak heran jika para juri kebingungan!


4.Lomba Pidato

Lomba pidato menjunjung 4 tema yaitu

1.Syukur Nikmat

2.Akhlak kepada orang tua

3.Mencari ilmu itu wajib

4.Pentingnya kejujuran dalam kehidupan

    setiap peserta wajib memilih salah satu,seru sekali lombanya ,di lomba pidato ini sangat melatih mental dan public speaking siswa ,namun masih terdapat siswa yang grogi , canggung , dan malu.Tetapi ada juga lohh yang percaya diri ,lupa kalo lagi di dengar audiens itu sanga terpengaruh sekali.

    

c.Zakat Fitrah

  

Zakat fitrah itu wajib lohh gengs dah harus dikeluarkansetahun sekali yaitu pada saat

bulan Ramadhan. Nizab/ukuran zakat fitrah yaitu 3kg/siswa,jika diuangkan sebesar Rp

35.000,00,- (tiga puluh lima ribu rupiah). Jadi , jangan lupa bayar zakat ya gengs!!!!



      Jadi,dari zakat yang terkumpul dibagikan ke masyarakat sekitar sekolah yang

membutuhkan.Kegiatan pembagian zakat tersebut dilaksanakan pada,hari Selasa

18 April 2023 disebelah Masjid Baitussalam SMP N 1 Kalimanah.

    

     Nah, itu dia gengs kegiatan kegitan kami selama bulan Ramadhan. sepertinya

sebentar lagi lebaran yaa? haha , kalo gitu MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN , MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN ya gengggsss!!!! SELAMAT LEBARAN!!!!


Wassalamualaikum wr.wb.



Posting Komentar untuk "LIPUTAN "